KKN UGM is complicated?Isn’t?


Banyak teman-teman yang bilang. Ah KKN itucm nyampah, akhh KKN itu Telo*, Ah ngapain ikood revisi lagi, ikood reguler aja wong niatnya pertama kali reguler kok, dan masih banyak lagi, ah aku nggak tahu masalah itu, yang tahu si XX. Namun sedalam ini saya belum mendapatkan teman ataupun komentar yang hebat, dan lekat dengan optimisme manusia.Seperti “mari berjuang dan tetap semangat, jaga semangat, jadikan KKN ini sebagai media pengembangan diri dan softskill kita untuk terjum ke masyarakat luas” Ceilah,, cuih banget nggak seh komentarku…Haha…

Setelah bersuka duka dan jatuh bersama Alhasil akhirnya kemaren sore (30th march 2009) Doni (red:teman saya) saya suruh telphoning Pak Kuwat, dosen DPL saya.Akhirnya beliau menyanggupi datang di LPPM jam 10am Hari ini. Soalnya beliau selesai meriview proposal KKN di LPPM pukul 10am. Hari ini Saya kuliah mulai jam 7 walaupun akhirnya telat 30′ dan akhirnya tidak boleh masuk. Ah, teori..Langsung saya meluncur ke PPTIK UGM dan bersurfing disana.Mulai dari baca-baca hingga ngeblog. Akhirnya muncul niatan untuk sms si Kumbang Jantan. Lha dia ternyata malah online. Weleh dalah langsung saja saya suruh si Kumbang ngeprinting tu proposal meskipun akhirnya dia ngak jadi ngeprint. But its OK. Slow But sure. Akhirnya walk to work ke LPPM, bertemu dengan fikri di parkiran dan diLPPM sudah dinanti oleh raras Cs.Diwaktu yang tepat dan singkat ini akhrnya muncul sesosok Raras yang mempunyai jiwa kesetiakawanan tinggi. Dia rela meluangkan Pulsanya unruk telphon pak Kuwat. Ternyata pak Kuwat ada di Ruang Sidang II dan saya bersama teman-teman langsung ke TKP. Hueeehhh adem banget euy di dalam..

Lha habis itu bapak Kuwat meminta beberapa proposal yang sudah direvisi oleh kelompok kami walaupun akhirnya hanya softcopy saja.Hehe…Akhirnya mirip dengan proses review, kita di beri beberapa pertanyaan (banyak pertanyaan ding) mulai dari darimana dana itu berasal hingga program kerja. Alhamdulillah saya bisa memberikan jawaban beserta argument-argument pembelaan nggak jelas.haha

“trus saya sekarang suruh ketemu dengan siapa ini” begitu pertanyaan pak kuwat dan langsung saja saya bilang “Pak Joko pak, eh Pak Eko, eh pak Joko apa Pak Eko ya?…” akhirnya saya putuskan Pak Eko saja.hehe

Dan didalam ini baru ketemu dan sampai pada core speechnya. Jadi dari pembicaraan kami Bertiga(saya, Pak Eko, dan Pak Kuwat) saya menangkap maksud :

Dalam KKN kali ini ada beberapa Grade, grade itu diantaranya adalah grade I, Grade II, dan GRADE III. Untuk grade I dan grade II ini merupakan kelompok KKN yang ada dan di publish di situsnya LPPM kemaren sabtu (28th March o9). Trus bedanya Grade I dan II apa donk? Perbedaan grade I dan II lebih kearah kelolosan dalam presentasinya, untuk yang lolos presentasi mendapatkan dana 15 juta sementara untuk yang nggk lolos tidak mendapatkaN 15 JT ITU. Kan LPPM pernah bilang kalo ada dana Hibah 300juta. Jumlah yang mendapatkan 15 juta dan disebut di Grade I ini berjumlah 20 kelompok. Jadi total 46 kelompok yang di publish itu nanti dieliminasi jadi 20 kelompok yang dapat dana 15 juta. Dan kelompok saya di Grade III…

So what kalo di grade III?what’s Matter?
Secara taktis, jika di suatu daerah misalnya ada dua kelompok yang KKN. dan kebetulan ada yang di grade diatas kita maka kita harus mengalah. Selain itu juga mengenai tema tidak boleh sama. Namun untuk revisinya itu bagi yang berada di Grade III harus mengacu kesalah satu tema dari 46 kelompok itu. Mengapa saya jadi Follower???Nasibbb..

Untuk Pendaftaran KKN UGM. Kita membayar di BNI cabang UGM dan disana terdapat/ disediakan form khusus. Setelah itu checking up ke GMC (Gama Medical Center) setelah itu menyerahkan ke Akademik fakultas masing-masing. Yah begitu…

Gimana Biaya Hidup Mahasiswa Selama KKN???
Jadi nanti bagi mahasiswa yang akan membayar sebanyak 1.050.000 juta (untuk alasan tertentu bisa minta lebih ke orang tua, e.g donasi korban Situ Gintung) dan akan dikasih ke mahasiswa lagi sebesar 700ribu hingga 800ribu. dan itu untuk hidup selama 2 Bulan. Hewh…

Alhamdulillah proposal kita sudah mengalami revisi dan Ok. Lha kemaren sudah punya firasat untuk melakukan revisi dan akhirnya benar-benar revisi. Sebenarnya saya pribadi sudah terbiasa bolak-balik terpontang panting di Rektorat. Mungkin dulu lebih, karena harus bolak balik Dekanat-Rektorat-Gelanggang. Namun dari beberapa teman saya menemukan permasalahan bahwa capek juga ngurus KKN itu ya

Bagi yang berada di Grade III khususnya teman-teman saya. JANGAN SIA-SIAKAN USAHA KITA SELAMA INI YA. KITA SUDAH BERJALAN JAUH. JADI JANGAN SAMPAI TIDAK LOLOS REVIEW LAGI…SEKALI LAGI, TETAP JAGA SEMANGAT DAN DERAPKAN LANGKAHMU DIMUKA BUMI.
Proposal Revisi dikumpulkan paling lambat tanggal 4 Mei 2009 Pukul 11.00 WIB. Tengkyu…upun blm menjumpai komentar yang

7 responses to “KKN UGM is complicated?Isn’t?

  1. fatah…. tanya lagi…… apa bedanya antara yang bayar terakhir 4 APRIL ma yang bayar 6 APril trus suruh daftar OL???

  2. semangat trus ya fatah !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    kalo ada butuh bantuan share aja ya!!!

  3. @mas deptz :seperti itulah birokrasi warisan dari kolonial belanda mas..seperti itulah yang membuat bangsa ini khas dengan korupsi dan tidak maju-maju

    @hanny: mmm apa ya han, aku juga nggak tahu kalo yang tanggal 4 itu..yang saya tahu walnya ntu tanggal 6 april han..tapi itupun 1 first 1 place…jadi tema kita tetap jadi untuk rebutan…blm tentu kita yang sudah tercantum di proposal itu yang ikut kkn bersama.. 1 first 1 place…nggak ada jaminan..

    @lambang: welcome to my world mbang..i need somne to take a share…

  4. KKN UGM kok jadi ruwet begitu ya. Ketika saya ikut KKN UGM 20 tahun lalu, urusannya sangat simpel.. dan saya hepi-hepi saja ketika ikut membangun desa selama 60 hari

  5. oh yia mas???kalo sekarang mulai ada yang bikin mumet dan puyeng, pihak UGM sendiri sudah mengubah tema dasar secara filosofis dari KKN ugm sendiri dari yang dulu Development menjadi Empowering system kang.

    Sukses de mas. angkatan tahun berapa mas??

  6. sy geografi 1986. filosofi KKN-UGM diubah apa krn memang sistem pendidikan yg berubah ya (yg sedikit2 bayar).

Comments are closed.