Im’nt chain smoker


Hmmm..ntah kenapa tadi saat seorang teman lama saya bertanya pada saya “Tah, alasan laki-laki menjadi perokok itu apa seh?”
Sejenak saya tertegun.dan sadar, teman saya tidak senang dengan asap rokok.Dia tipe cewek yang bersih banget dan saya pikir dia setuju dengan statement bahwa merokok itu mengganggu kesehatan.

Pertama saya melihat dengan sadar orang perokok adalah dengan Paklek saya Almarhum, beliau meninggal gara-gara terlalu kuat merokok dan akhirnya paru2 beliau sakit parah. Semoga arwah beliau berada disampingNya dengan tenang dan damai.Sejak kelas 4 SD saya menjadi seorang perokok.Namun masa sok gagah2an itu berakhir hingga saya naik kelas 5. Jujur,saat saya menghisap rokok waktu saya kecil dulu adalah untuk gagah2an. Orang bilang “cowok harus ngrokok” selain termakan oleh iklan di media massa juga, baik elektronik maupun cetak waktu itu.

Hingga saat bulan Desember 2008 saya kembali menghisap asap rokok kembali. Jika orang bertanya kenapa saat itu saya kembali merokok, padahal sudah ada fatwa haram waktu itu.merokok buat saya waktu itu adalah sebuah pelampiasan saat malam tiba. Awal desember saya mulai merasakan terdapat masalah yang mengakumulasi dan akhirnya membuat kepala sering pening, terbilang hiperbolis memang.tapi yang pasti sejak Desember hingga February adalah masa sulit saya dalam menentukan pilihan (masalah pribadi).Dan alhadulillah saat ini saya sudah bisa memecahkan masalah itu dengan mencoba merasa cukup dan bersyukur padaNya.

Memilih merokok sebagai bahan pelampiasan merupakan hal yang sulit juga. Saat itu saya berada di komunitas yang 90% perokok aktif. sementara banyak teman2 saya yang tidak mengijinkan saya untuk merokok. Saat itu saya sempat konsultasi dengan seorang teman saya yang kebetulan dia menuntut ilmu dalam bidang kedokteran. Dia melarang saya untuk melakukan itu. namun akhirnya saya memutuskan untuk menjadi seorang PEROKOK YANG SADAR dan BAIK.

Beberapa alasan kenapa Cowok itu Merokok:

Rokok adalah teman ngobrol yang asyik. KAdang seseorang jika dengan kopi hanya bisa bertahan hingga jam 2 namun jika bersama rokok dan kopi bisa sampai subuh.

Sarana Sosialisasi yang Paling Efektif.Saat kita bersosialisasi dengan seorang satpam, tukang becak, buruh tani, pedagang.yang notabene mereka itu perokok, kita dalam bersosialisasi akan lebih mudah.Dan seorang perokok,diakui atau tidak.Kebanyakan mereka lebih flexible daripada mereka yang tidak perokok.Sekali lagi, kebanyakan.

Ikut-ikutan.Cowok kadang menggunakan perasaan juga dalam bertindak tanduk.Jika seorang itu menawrkan anda rokok dan anda menolak mungkin teman anda akan sedikit merasa keki. Apalagi jika berbenturan dengan masalah background kulural yang berbeda. Misalnya di daerah Medan. Disana orang menggunakan rokok sebagai sarana bergaul dan bersosialisasi.Jika seseorang menawarkan rokok pada anda dan bilang “Mas rokok?” mungkin anda its OK menolaknya.Namun jika orang itu menggunakan kalimat “Rokok lay?” saya sarankan anda untuk menghargai pemberian dia.Kata Lay di Medan merupakan sebutan saudara. Artinya anda sudah dianggap saudara oleh orang itu.

Gagah-gagahan. Tidak perlu dijelaskan lagi kalo yang ini. Nggak penting banget…

Mbak Endang Lungguh Mekokok,Paling enak bar madang kui ngrokok.Hampir 99% orang perokok jika habis makan pasti akan merokok.dan itu seakan2 hukumnya wajib.dilihat dari segi kesehtan, merokok setelah makan itu akan menambah resiko terserang kanker. Udara kotor yang paling banyak CO dan CO2 yang berasal dari pembakaran tembakau dan nikotin akan masuk pada paru2 dengan lokasi penempatan bronkitis yang lebih dalam. Jika perokok menggunakan pernafasan perut. otomatis akan menyebabkan kelenjar2 pencernakan itu kering dan terkontaminasi. Merokok setelah makan akan terasa nikmat karena saluran ditenggorokan yang semula basah itu menjadi hangat oleh rokok, dan saat kita menghisap rokok, kita bisa mengambil nafas lebih dalam karena ada stimulannya.

Merokok itu Chandu.Jika Stallin itu bilang “agama itu chandu bagi manusia” maka saya berpendapat merokok itu menjadi chandu.Artinya banyak orang bilang bahwa dia tidak bisa berhenti merokok dan selalu tergantung oleh rokok. Namun saya berpendapat, berhenti merokok dan menikmati udara bebas dengan sehat kadang sebuah pilihan juga. Intinya ada orang yang beranggapan berhenti merokok itu Mustahil, namun bagi saya stopping for smoking is possible.

With smoking we get new inspiration. Filosofi ini saya dapatkan dari banyak teman2 saya yang notabene mereka adalah seniman,musician, dan banyak orang yang bergelut dalam bidang yang butuh kreatifitas serta ide. Jujur, saat saya menulis cerpen ataupun saat saya menulis paper. saya merasakan hal itu.Apakah itu sebuah sugesti?terserah kita menyikapinya.

Rokok pelampiasan masalah. teman saya bilang “kenapa nggak denga olahraga?”dan saya jawab “saya suka olahraga dan saya butuh sesuatu yang bisa menemani saya setiap saat, menjadi teman saya saat saya sendiri.dan membunuh saya secara perlahan.” Melankolis mode on…

Merokok yang selama ini menjadi lifestile anak muda mungkin telah merambah dan merusak paru2 mereka. Dampak merokok itu sendiri secara nyata dan banyak terjadi mungkin seperti batuh berdahak darah, nafas setengah,hingga paling parah adalah stroke. Itu beberapa akibat jika kita tidak bisa menendalikan dalam merokok. artinya paru2 kita akan panas dan panas.Penjelasan mengapa merokok bisa menyebabkan kanker mungkin karena saat kita merokok asap dari rokok akan membuat lendir pernafasan kita kering dan kering sehingga akan mudah luka. Secara oragan pernafasan banyak berasal dari sel otot polos.Jika kita mengkonsumsi roko yang mempunyai kadar nikotin tinggi pun akan langsung terasa dampaknya. Misalnya tangan dan nafas bau rokok,kuku tangan kuning2.dan masih banyak lagi.

Buat saya saat ini motif merokok adalah untuk melepaskan masalah, bersosialisasi,cari inspirasi dan sedikit menjadi teman saat saya sendiri.dan saya bisa lepas dari apa yang namanya rokok itu kapanpun.Imnt Chain of cigarrets.Thats all.Jangan sampai saat saya merokok saya menggangu hak orang lain untuk menghirup udara bebas yang segar dan saya lebih senang melihat teman2 saya tidak merokok,punya hidup lebih panjang, dan punya baru2 yang sehat..Buat para perokok, jangan terlalu sering merokok. dan imbangilah dengan olahraga agar kapasitas vitas pernapasan anda tidak kurang dan terus bertambah.

Saat saya sharing bersama teman-teman saya:

Wulan:eh fat, tapi sepertinya kamu semenjak jadi perokok kamu itu sikapnya jadi seenaknya sendiri lho.
Tito:eh dul, anjir gw sebungkus habis dalam 1 hari.eh waktu check di GMC dokternya bilang. MAs perokok ya?kok nafasnya setengah2 gt?anjir nggak dul. Saatnya berhenti ngrokok d gw.
Fikri: tah, aku ingin ngrokok ya.dan aku bilang jangan fik kasian paru2mu.

Wankok:dul rokoke endi?
Dini:Jika kamu ngrokok tah, ada lebih dari 2000 racun yang masuk dalam tubuhmu dan itu sangat merusak.
Kodek:Bersosalisasi tidak harus denganrokok dul.

Kempot aka Glentar: whuakakakaka…gedol lagi ono masalah, makane ngrokok.

Brodot aka Adhit: sebentar lagi hujan..

Siska: jangan sampai kamu mengecewakan orang tuamu yang telah membesarkanmu hingga seperti ini.Sykurilah dengan menjada nikmatNya, nikmat kesehatan dan bla bla bla…

Teman2 KKN:jangan samapi kamu mengecewakan orang tuamu yang telah membesarkanmu hingga seperti ini.

Pak Wandi: Merokok itu tergantung bagaimana kita memandang, sebagai lifesyle atau secara filosofis?

Titis:Biasa aja,kenapa to?

bagi yang kasih masukan silahkan…

10 responses to “Im’nt chain smoker

  1. wehehe,,,,

    lagi melakukan riset kecil2an, thx ya,,,,

    setuju dengan statement, merokok boleh asal jangan mengganggu, membahayakan, dan merampas hak orang orang lain untuk hidup sehat denganmu, dengannya,,, dengan mereka ^^

  2. iya sama2 metta.riset apa je meta??buat PKM??
    hmmm…sebenarnya jika alasan merokok itu teman ngobrol, aku punya resep buat menghilangkan kebiasana merokok…yaitu dengan makan permen karet.jangan merokok ya metta…masa depanmu masih panjang nak…hehehehehe…

  3. eh..eh…eh… ada yg bawa2 namaku…
    aku tak pernah berkeinginan menjadi perokok dan aku sangat2 bangga jika aku menemukan temanku yang lain juga anti rokok…
    kalo 1-2 kali aku coba ngisep rokok tu murni cm buat bantuin tmn ngabisin rokok biar dia gak kebanyakan ngrokok… dan tak sedetikpun aku pernah merasakan kenikmatan dari batang itu!

  4. @fikri:hehehehe…sorry fik…tapi gw suka gaya lw…request di hilangkan ato gmana neh???baru u yang complain…

    @mas depi:hmmmm…silahkan gan..

  5. ^cik agung:iya awak juga pikir gt bang.BOKEK..

    *bima:ok d Bim, tapi apa nggak kasian ma diri lw bim?ntar nafasnya setengah kaya tito lowmmm..BIM lw dah rajin kuliah kan sekarang?terus berkarya sob…Good luck

Comments are closed.