Wi-Family yang Efektif dan Efisien


Latar Belakang kenapa Wi-Family.Wi-terinspirasi dengan nama Apple yang dibelakngnya diberiakn huruf atapun kalimat yang aneh sehingga orang akan merasa penasaran,Wi kepanjangan dari wireless.seperti halnya wi-fi,wireless fidelity. kenapa Family, karena saat saya posting ini saya teringat kata guyon teman saya dengan kata smile-family-smile-family.kira2 bunyinya aneh dan lucu.dia orang yang selalu bisa menghibur saat saya terjatuh. jika dia baca tulisan ini. disini terdapat peranmu juga kawan.makasih buat hari-harinya dan nasihatnya.Mari kita menggila bersama disela rutinitas kita yang menjemuhkan ini agar rutinitas kita menyenangkan.

Diselesaikan oleh beberapa personel. Fikri si kumbang jantan dan juga Prima si Kodok dari selatan Pulau dewata. dan juga si dabulabul.

Mungkin saat ini masalah yang paling utama dalam kehidupan kita adalah permasalahan dimana dalam kehidupan kita banyak sekali kabel dari tembaga yang kita gunakan. Kabel-kabel ini sering kali mengkhawatirkan mulai dari khawatir jika disentuh oleh anak kecil hingga khawatir kalau nanti mengganggu mobilitas kita sehari-hari. Namun dengan semakin berkembangnya teknologi dan peradaban manusia semua itu bisa teratasi dan bisa kita minimalisir. Untuk melengkapi tugas TELEMATIKA yang diampu oleh Drs. Widodo maka kami sekelompok membuat project sebagai tugas pelengkap kami dalam mengikuti kuliah pak widodo dengan judul Design Rumah Wi-Family. Design yang kami buat ini berfungsi untuk memecahkan masalah manusia selama ini terutama yang berhubungan dengan kabel (wire). Pertama saat kami mendapatkan ide ini berasal dari pelajaran bapak menjelang akhir-akhir pertemuan di kelas Telematika dimana Bapak Widodo memaparkan tentang teknologi wireless dari WLAN,WMAN, hingga WiMax. Masing-masing memiliki identitas sendiri-sendiri. Misalnya untuk WiMax 802.16 dan masih banyak yang lain. Pada project ini kami memberikan ide untuk mendesign rumah dimana dalam rumah itu kita bisa mendengarkan iPod saat kita didapur, mendengarkan music saat kita memasak, menggunakan netbook saat kita menjelang tidur. Dan itu semua berasal dari harddrive tanpa kabel dan PC. Mungkin saat itu juga kita punya anggapan bahwa rumah kita adalah surga digital super wireless. Beberapa peralatan yang kita gunakan nantinya antara lain:
• Peralatan Wi-Fi
• Server
• Dan Software multimedia


Sebagai tulang punggung dari sistem ini adalah router dimana router ini berfungsi dalam mengatur semua komunikasi dalam jaringan. Agar dalam penggunaannya kita saat melakukan pemutaran ataupun download video dengan resolusi yang tinggi maka kita menggunakan wi-fi router dengan seri “g” sebagai contoh adalah Netgear WNR834B. Konfigurasinya sendiri adalah 192.168.1.1 pada address bar. Pada basic setting kita pilih apply.Untuk nama networknya bisa kita tuliskan pada “nama (SSID)” sementara konfigurasi transmisinya adalah Asia. Untuk harga dari router WLAn ini sendiri sekitar $85. Untuk security optionya pilih WPA PSA (TKIP) + WPA2-PSK (AES) dan masukan pasword. Setelah itu apply.

Sementara itu untuk servernya sendiri yang nantinya digunakan untuk menyimpan data, idealnya adalah sebuah NAS (Network Attached Storage). Alat ini menggnakan kabel yang dihubungkan langsung ke router sehingga kita tidak harus selalu menghidupkan komputer setiap saat. Tujuan dari kita selalin mengurangi apa yang dinamakan kabel juga dengan sistem ini kita bisa menghemat yang dinamakan listrik. Sementara harganya kalau perangkat ini termasuk WLAN dan HDD sekitar $527. Peralatan yang kita butuhkan adalah USB hard drive dan satu unit network storage link unit NSLU Linksys yang berfungsi menghubungkan ke harddisk eksternal ke dalam jaringan. Dari USB dan NSLU ini kita memfungsikan sebagai media server dengan cara menginstall firmware pada hardisk dan Twonkymedia. Yaitu software khusu untuk media server. Untuk mengupdate software ataupun mendapatkan softwarenya dengan cara mengkunjungi http://slug-firmware.net/u-dls.php.

Alternatif saluran nirkabel (pengganti listrik)
Netgear HDX 101 dengan harga US$ 198 merupakan perangkat yang paling cepat transmisinya dikelasnya versi majalah CHIP. Dengan kece[atan mencapai 200 MBps melalui saluran listrik sangat cukup sekalipun untuk memutar HDTV.
Media Center
Untuk kelengkapan yang meliputi HD-Video,foto dan music bisa kita nikmati secara nirkabel sambil mengerjakan tugas dari dosen menggunakan misalnya dengan menggunakan Xbox dan seperangkat wireless maupun dengan Netgear Eva700 Entertainer. Untuk Netgera Entertainer Eva 700 ini merupakan solusi paling bagus mengingat dengan terhubungnya peralataqn ini ke UPNP dan ke server dan kemudian mengakses data milik Twonky Media maka kita hanya dibutuhkan bagaimana mengkonfigurasikan peraturan LAN itu sendiri.
MP3 dan Radio
Untuk peralatan pemutar MP3 maupun radio bisa digunakan iPod prduksi dari Apple Inc. Hanya dibutuhkan beberapa peralatan tambahan saja semisal Logitech wireless music system. Namun cara ini kurang efektif karena saat iPod kita jadikan sebagai pemutar sound enertainer maka iPod ini bertindak sebagai servernya. Jadi kita mengakses bukan dari server.melainkan dari iPod itu sendiri.Namun jika ingin mengakses dari server kita bisa menggunakan Noxon2audio.
Utility yang lain
Beberapa utility yang lain mungkin bisa kita gunakan dengan mengaplikasikan apa yang dinamakan denga sistem kontrol dan lain sebagianya. Kita bisa mengaplikasikan apa yang dinamakan logika fuzzy dalam sistem pendingin ruangan dan masih banyak sistem-sistem yang lain semisal sistem pembuka pintu otomatis dan sistem-sistem yang lain. Semua sistem ini kita rangkum dalam satu kontrol pusat yaitu remote kontrol. Kita bisa menanamkan PLC pada lampu ataupun pada sistem komputer itu sendiri.
Sumber Pasokan Daya

Untuk sumber pasokan daya untuk menguurangi ketergantungan kita terhadap PLN maka kita bisa menggunakan apa yang dinamakan solar cell yang dipasang di atap rumah kita. Panel-panel solar cell ini akan memberikan kita daya sehingga kita bisa mengurangi akan ketergantungan kita terhadap listrik PLN yang kadang juga sering mengalami gangguan.

Sumber:
google.com+CHIPdotCom+NetgerdotCom+kaskusDotcom+file2 dari PAk Widodo Wiryodiprojo+dkk(mpe lupa)

le mposting bareng monyet-monyete neng DPR. kurang ajar kabeh koe cuk..ngakak bersama yo cuk menertawakan para polisi ya aduhai.Tak persembahke nggo konder seng lagi bercita2 sinau networking.ayo nder balapan.aku yo lagi ajar2 ki nder.ide itu awal yang paling berharga nder sebagai motivasi. ra mbojas wae koe.Rosa natalia ra bakal lungo. PISS…aku yo gek ndang melepas jombloku ah, ngko ndak disenengi wangkok tobat dewe to.Perempuanku kau dimana?

6 responses to “Wi-Family yang Efektif dan Efisien

  1. loh kok gitu sih…
    abang kok gt je?
    hohohohoho…….
    seng wes senior..
    lagake ra mudeng
    padahal master…
    njur ngono koe bang..
    hohohoho…PISS

  2. Opo ik, maksude,,,
    smile-family-smile-family dilebokke,,,
    wooo..
    njiplak,,
    ra ngekki opo2..
    hak patenQ, yo.,..
    bocaah,,,

  3. kan udah aku bilang,peranmu begitu besar demi terwujudna karya dan ide ini.tanpa dirimu aku tak bisa bangkit.(lebay sekali mode on)

  4. hahahahahaha…karena aku pikir itu keren dan hasil pemikiran serta ide ndro…so biarkan jadi konsumsi umum ndro…tugasmu apa ndro?

Comments are closed.