Update Status FB:”Gempa”


Hmmm…Indonesia is my country.terletak diantara lempeng asia dan indoaustralia sehingga tidak jarang terjadi gesekan-gesekan lempeng yang berakhir dengan gerakan tektonik. Tercatat musibah paling dahsyat pernah terjadi di dekat kepulauan Mentawai di samudra Hindia yang menyebabkan Tsunami yang menurut kabar gelombangnya terjadi sampai daratan Spanyol, Costa Blanca sana. dan kedua dilanjutkan gempa yang terjadi di Jogjakarta, 5,9 SR telah menelan 6000 lebih jiwa yang tak berdosa kala itu. Belum termasuk infrastruktur yang mengalami kerugian besar. Belum lama kemaren juga menggoyang tasikmalaya sehingga getarannya terasa sangat kuat sekali di Ibukota jakarta dan beberapa jam yang lalu, menggoyang sejenak jogja lagi.

Sepertinya gempa bumi sudah jatuh cinta kepada kita. Alam sudah memberikan peringatan terhadap kita untuk selalu waspada dan menyiapkan segala kemungkinan yang ada jika hal terburuk terjadi. Nenek moyang kita telah mewariskan rumah joglo dengan kontruksi limasan yang tahan gempa. Seharusnya kita masyarakat Indonesia harus siap dan sigap, tidak panik..

Namun apa yang terjadi beberapa jam lalu?saat gempa menggoyang rumah saya di jogja tadi saya berada di lantai satu sedang melihat FBook dan juga mengerjakan beberapa hal terkait tugas kuliah. Dan beberapa detik ruangan terasa goyang,saya sudah siap2 mengambil alat komunikasi dan sembunyi di kolong meja, namun karena intensitas gempa yang sebentar maka saya urungkan niat saya untuk keluar ataupun ke balik meja. Dan beberapa detik kemudian, status di FB sangat ramai dengan headstatus “Gempa”. Ini menunjukan bahwa manusia itu merupakan makhluk fitroh, saat mereka, kita, saya merasa terancam oleh suatu bahaya yang tak seorangpun bisa menolong kita, maka kita pasti akan spontan mengembalikan semua urusan kita pada mpunya hidup, Sang Khalik. Status FB langsung banjir dan dalam hati saya berkata,status FB mungkin bisa terupdate dan menjadi pusat informasi, apa jadinya jika infrastruktur jaringan dinegeri ini lumpuh total? Yang bisa terkoneksi hanya telpon satelit saja. Status Facebook kurang dari 30 second langsung bisa memberikan informasi yang sangat hangat dan lumayan realistis.

FB status

Itu hanya terhitung sekitar 24 second.Luar biasa, akhirnya perkembangan TI telah mencapai masa yang benar-benar membuat diri kita Onair secara realtime.Luar biasa sekali teknologi saat ini.Hanya dengan 24 detik kita bisa mengetahui pusat sebuah gempa. Untung jaringan dan koneksi internet di jogja saat itu tidak down sehingga arus informasi gempa di jogja 8 September 2009 bisa diupdate secara cepat dan realistis.

Namun yang aneh saat saya amati adalah, masyarakat kita masih terlalu takut secara berlebihan, bahasa anak gaulnya “Parno“, hal ini terlihat dari beberapa status yang terlihat hiperbolis. Mungkin hal seperti ini merupakan bekas dari trauma bagi yang mengalami ataupun yang mempunyai pengalaman buruk dengan gempa bumi. Selamat pagi dan mari tidur nyenyak dan tetap waspada ada gempa.