Digital Behavior.What will be happened?


Diera kemajuan teknologi komunikasi dan informasi ini manusia telah mampu dimanjakan dengan beberapa online facilities dimana bisa mengakses semua fasilitas itu secara online dan mobile, everywhere, everytimes. Seseorang yang berada di Jogjakarta bisa bertemu dengan teman lama di Luxemburg atau Vancouver, AS. Hanya dengan login ke Facebook atau via Skipe.

Dengan bantuan pengembang sistem perangkat lunak pun kita bisa mengakses beberapa Dekstop Aplication semisal Google Earth branding dari Googleplex. Namun kesemuanya itu pasti ada nilai sisi perusaknya, entah itu disengaja maupun tidak.Digital era telah membawa perubahan besar di bidang kehidupan manusia yang sangat komplek. Hampir semua lini,bisa jadi ini merupakan sebuah upaya pengendalian populasi dari manusia ini sendiri. Seperti halnya program amerika dan PBB yang sering melakukan invasi ke negara-negara miskin e.g Irak, hal ini bertujuan untuk mengendalikan populasi manusia di Dunia agar selalu seimbang.Dengan adanya digital era ini manusia lebih suka duduk diatas kursi, menhadap minitor yang terhubung internet dan bisa terhubung dengan teman-teman tanpa harus mengambil secarik kertas, menuliskan pesan dan mengantarkan ke kantor pos dengan sepeda. Seorang anak cukup dengan mengirim pesan lewat Pidgin Application untuk memesan barang elektronik, dan sejam kemudian barang itu akan berada di depan rumah. Secara bertahap sistem keamanan dari data kita pun harus benar-benar securable karena didalamnya terdapat data-data transaksi kita, identitas kita, dsb./ Hingga saat ini beberapa operator telekomunikasi di Nusantara masih sangat kurang aman.Karena didalamnya tidak terdapat sistem Gateway yang memadai. Mulai dari NAT ,ataupun VPNnya.

namun lebih dari itu semua, ada semacam bahaya yang lebih berbahaya lagi. Bahaya itu datang dari diri manusia itu sendiri, mindset manusia akan memilih untuk All in One. mulai dari berkomunikasi via FB,Skipe,transaksi via internet,pemantauan sekuritas via Internet, konsultasi via email/ YM,eDokter, belajar via internet, dan secara tak sadar itu akan mematikan kodrat manusia sebagai manusia untuk menggunakan otot. Jika hal ini sudah terjadi lewat dari ukurannya bisa jadi kita akan menjadi makhluk terlemah yang pernah ada.Ntah itu akan terjadi kapan.namun jika tidak waspada maka ini akan terjadi 10 tahun kedepan mungkin. Seperti halnya yang ada di film Eagle eye,Surrogates, Robots,dsb.

beberapa film yang telah saya lihat mungkin menyadarkan kepada saya untuk lebih mensecure kan data saya, memang saya bukan seorang General Manajer, namun bisa jadi dika ada seorang yang mengerti data-data saya bisa dia gunakan computer saya sebagai server mungkin, menjual dan menggunakan identitas saya, dsb. Seperti halnya di film Eagle eye dimana semua kegiatan manusia terutama yang berkaitan dengan dunia digital terecord dalam satu sistem server di Air force laboratory. Dari sana terdapat sebuah sitem canggih yang terintegrasi secara artificial intelegance ke sistem manusia. Bahkan bisa bertindak secara indepentent terhadap sistem manusia ini sendiri
Sementara untuk film Surrogates ini sendiri yah sedikit banyak mengkisahkan tentang budaya manusia saat itu yang sudah kecanduan dengan Surrogates (robot pengganti) dalam setiap kegiatan manusia, manusia tinggal mengendalikan via jarak jauh dengan bantuan banyak sensor dan tingkat keamanan yang tinggi manusia cukup menggunakan sensor optik visual saja untuk mengkontrol setiap kegiatan yang dilakukan, keuntungan dari manusia ini sendiri jarang hadir secara langsung sehingga mengurangi kontak dengan sinar matahari secara langsung dan ini membuat kita tidak bisa melihat orang yang berhadapan dengan kita secara langsung, bisa jadi seorang yang tubuhnya cantik (surrogates) ternyata pemiliknya adalah kakek yang sudah renta usia. Hingga akhirnya datang sebuah alat yang bisa menghancurkan surrogates (Overload Devices) dan misi penyelamatan dimulai dari situ agar si pemilik Surrogates tidak ikut terbunuh ketika menggunakan alat itu. Intine ora sempurna sesempurna menungso lah.

Iki malah cerito film ki pie aku ki.hehehehe
pada dasarnya Sistem automatic semacam robot memang sangat baik digunakan dan diciptakan untuk kemaslahatan bersama, untuk menekan biaya produksi, namun itu semua ciptaan manusia, creatornya manusia, sehingga semua mempunyai keterbatasan. Berbeda dengan ciptaan Tuhan yang kadang saat kta bersyukur, kita sadar, ciptaannya sungguh menakjubkan, tanpa batas.banyak film-film yang mengisahkan tentang mutasi semisal New Species,dsb. Namun kesemuanya tak pernah tak pernah sesempurna ciptaanNya. seperti kita, yang selalu bisa berkembang. Subhanallah.Perbedaan mendasar yang membedakan manusia dengan ciptannya (read: robots and automations) adalah keberadaan perasaan dan hati dari manusia. Robot tak pernah mempunyai segumpal daging yang jika daging itu baik maka seluruh jiwanya baik. Kita tak akan mendapatkan kehadiran seseorang dengan diwakilkan sebuah surrogates, karena kita tahu, kita tak menjumpai hatinya,meskipun dipeluk kita tak memeluk darahnya, hanya seonggok mesin. Ntahlah, kehadiran era digital tentunya memberikan kita banyak kemudahan, namun kita juga tetap waspada dengan segala kemungkinan yang terjadi. Bisa jadi suatu saat nanti semua data yang kita punya di FB, baik status maupun yang lain digunakan sekelompok oknum untuk melakukan sesuatu tindak kejahatan. atau saat melamar pekerjaan seorang HRD melihat fb kita. hal ini sudah terbukti di Amerika serikat dimana 40% para HRD melihat Fb setiap jobseeker.Weleh….

Mari gunakan digital kita sepintar mungkin dan seaman mungkin.

4 responses to “Digital Behavior.What will be happened?

  1. Ahh jadi ingat film wall e..
    karena semua aktivitas hanya dilakukan di depan layar..akibatnya bwt jalan aj manusia gk bisa..
    ckckckc.. klo itubner2 terjadi.. ohhh tidaaaaaaaaaaaaaakkkkkkkkk

  2. iya ik ndro..aku kapan itu kebanyakan ngenet dan ngegame susah kencing, untuk kalo anunya tetep lancar..kalo ndak lancar kan bisa gawat gan.hehehehehehe…btw aku blm liat Wall e je. yang robot imut itu to?besok d aku cari di indowebster..hehe

Comments are closed.