Sleep Paralysis, antara Mitos dan Hal Bodoh..


Pernah ga seh kalian sering tidur dan tiba-tiba tubuh kejang tegang (buat yang cowok please, cerna dulu, jangan langsung….******titttttt), tiba-tiba tubuh ngak bisa digerakin semua dan serasa diatas tubuh terdapat bayangan hitam seram. Barusan saya mengalami hal serupa, teringat beberapa comment dari orang terdekat saya tentang “tindian” (java).

Dalam budaya jawa, konon katanya itu ditiduri sama setan (*berharap setannya cantik). Buehh..sedikit merinding juga seh ketika saya bangun tadi, dan saya pikir kenapa saya tadi bisa seperti itu?apakah benar saya ditiduri oleh setan (ditiduri ato diinjek juga ga jelas) yang pasti muncul pertanyaan bodoh saya

“kalau saya hidup di Paris ato London apa ada juga setan yang masih nafsu buat nginjek/ meniduri saya??tp kalau saya hidup di Haiti pasti saya bisa mati karena saking banyaknya yang berebut buat meniduri saya (red:korban gempa)”

Alhasil dari pertanyaan bodoh saya itu saya searching ke search engine,ohh…ternyata di setiap daerah fenomena seperti ini biasa terjadi (*pasang muka oon), istilah ilmu kedokteran namanya Sleep Paralysis.

Lah Sleep Paralysis ini mempunyai nama dan cerita beda-beda pula!!!!!(please ur attention)

  • Di budaya Afro-Amerika, gangguan tidur ini disebut the devil riding your back atau bahasa indonya hantu yang sedang menaiki bahu seseorang.
  • Di budaya China, disebut gui ya shen alias gangguan hantu yang menekan tubuh seseorang.
  • Di budaya Meksiko, disebut se me subio el muerto dan dipercaya sebagai kejadian adanya arwah orang meninggal yang menempel pada seseorang.(*mampus tikus kalo yang ini)
  • Di budaya Kamboja, Laos dan Thailand, disebut pee umm, mengacu pada kejadian di mana seseorang tidur dan bermimpi makhluk halus memegangi atau menahan tubuh orang itu untuk tinggal di alam mereka.
  • Di budaya Islandia, disebut mara. Ini adalah kata kuno bahasa Island. Artinya hantu yang menduduki dada seseorang di malam hari, berusaha membuat orang itu sesak napas dan mati lemas.
  • Di budaya Malta, gangguan tidur ini dianggap sebagai serangan oleh Haddiela (istri Hares), dewa bangsa Malta yang menghantui orang dengan cara merasuki orang tersebut. Dan untuk terhindar dari serangan Haddiela, seseorang harus menaruh benda dari perak atau sebuah pisau di bawah bantal saat tidur.
  • Di budaya New Guinea, fenomena ini disebut Suk Ninmyo. Ini adalah pohon keramat yang hidup dari roh manusia. Pohon keramat ini akan memakan roh manusia di malam hari agar tidak menggangu manusia di siang hari. Namun, seringkali orang yang rohnya sedang disantap pohon ini terbangun dan terjadilah sleep paralysis(nah lo…) .
  • lah kalo neng jepang disebut kanashibari, yang secara literatur diartikan mengikat sehingga diartikan seseorang diikat oleh makhluk halus.
  • Di budaya Hungaria, disebut lidercnyomas dan dikaitkan dengan kata supranatural boszorkany (sihir2 gt katanya….). Kata boszorkany sendiri berarti menekan sehingga kejadian ini diterjemahkan sebagai tekanan yang dilakukan makhluk halus pada seseorang di saat tidur.

Buseeettt kisah yang tidak enak semua untuk dicerna, tapi ternata itu hanya MITOS, jujur saya masih berpikir bahwa frekuensi saya berbeda dengan mereka (mahluk halus-halus) sehingga tidak pernah terdapat clock yang sama untuk melakukan interaksi maupun komunikasi (*weleeehh, bahasane…) dan dalam dunia medis ini wajar terjadi (*sok tau), namanya Sleep Paralysis.

Sleep paralysis ini merupakan kelumpuhan yang berkaitan dengan tidur yang mungkin terjadi pada subyek nrmal atau dikaitkan dengan narkolepsi, cataplexy, dan hypnagogic halusinasi . The patofisiologi dari kondisi ini terkait erat dengan normal hypotonia yang terjadi selama tidur REM. Ketika dianggap sebagai penyakit, kelumpuhan tidur terisolasi diklasifikasikan sebagai MeSH D020188. Beberapa bukti menunjukkan bahwa hal itu bisa juga, di beberapa kasus, merupakan gejala migrain. Fisiologis, tidur kelumpuhan erat berkaitan dengan kelumpuhan yang terjadi sebagai bagian alami dari REM (rapid eye movement) tidur, yang dikenal sebagai REM atonia. REM atonia terjadi selama REM tidur, sehingga mencegah tubuh dari mewujudkan gerakan yang dibuat dalam subjek impian. Perawatan dimulai dengan pendidikan pasien tentang tahap-tahap tidur dan tentang atonia otot yang biasanya dikaitkan dengan tidur REM. Bagi sbagian besar orang yang sehat, menghindari kekurangan tidur kronis cukup untuk meringankan gejala. Disarankan bahwa pasien dievaluasi untuk narkolepsi jika gejala menetap.

buat mengihindarinya—-))
•- usahakan tidur yang cukup
•- tidak terlalu banyak berhalusinasi yang aneh – aneh sebelum tidur
•- usahakan sebelum tidur sudah melaksanakan solat isya (moslem)/ , mengapa ?
karena saat solat terdapat gerakan gerakan yang merenggangkan otot , urat , dan syaraf yang akan
membuat ente menjadi lebih rileks dalam tidur.
•-olahraga dengan gerakan pendinginan(non moslem)

jangan mudah percaya sesuatu, karna bisa jadi dengan tidak mudah percaya itu menjadi sebuah kemanfaatan

4 responses to “Sleep Paralysis, antara Mitos dan Hal Bodoh..

  1. wahh.. makasih infonya.. belum lama ini saia mengalami sleep paralysis pas lagi sendirian di rumah.. haha.. parno banget setelah itu.. ^^

  2. #nui:iya sama2 and thanks for your coming, kadang orang lebih memilih emosionalnya, begitu tindian (sleep paralysis) malah melanjutkan tidur lagi, yang terjadi ya tindian lagi. Alangkah lebih baiknya kalau setelah mengalami hal seperti itu segera ambil air, basuh muka, berdoa pada sang pencipta, terus melakukan peregangan otot yang tegang dan mencoba rileks..

    #fikri:kau pikir ini pesugihan??kalau mau promosi Tuyul jangan disini mas..PISS mamen

    #mujahidin tauhid:makasih mase…just for share

Comments are closed.