Peradaban Masa Depan


Hingga kini,sebuah pertanyaan besar bagi kita manusia yang hidup di bumi, bagaimana bentuk manusia di masadepan, mungkin tentang peradabannya atau mungkin sekaligus tentang bentuk fisik dari manusia itu sendiri, yang pasti, saat ini peradaban manusia telah mempunyai paradigma yang berbeda dengan manusia 50 tahun yang lalu, baru selisih 50 tahun saja paradigmanya sudah berbeda dan berubah, sungguh perubahan yang sangat drastis.

Saat ini manusia lebih suka untuk hidup dalam rumah dan melakukan aktifitas online. mungkin dengan perkembangan teknologi serat optik hal ini semakin meningkatkan aktifitas dari manusia untuk online.Saya jadi teringat beberapa film tentang Surrogates yang dalam film tersebut mengkisahkan tentang robot pengganti dari manusia untuk melakukan aktifitas sehari-hari mulai bekerja,hingga bercinta. satu hal yang buruk dari kehidupan online menurut saya adalah faktor kesehatan dan faktor psikologis dari manusia itu sendiri yang kadang tidak bisa menerima keadaan bahwa manusia itu melawan usia dan berjalan mendekati kematian.

Jauh diluar itu, saat ini semua aspek kehidupan hampir bisa dijumpai di dunia online atau maya, mulai dari ekonomi perdagangan (ebay, amazon, ecrater), politik, sosial (facebook sebagai biggest social networking),keamanan (FBI and hacking).

mungkin di masa depan pekerjaan seorang polisi adalah di depan komputer yang mempunyai hak akses penuh terhadap setiap pengguna internet dan tidak ada aktifitas menilang lagi. Masa depan oh masa depan,semoga masa depan saya 1 tahun kedepan lebih baik dari sekarang. Bismillah