Kemanfaatan


Masih hangat ingatan saya ketika itu, saya menginjakan kaki di di kampus ini, Gadjah mada, ketika saya kecil dulu, saya membayangkan kalau kuliah itu akan menjadi orang yang mempuyai kapasitas super, can make everything. mengingat saya lahir disebuah pinggiran desa yang hanya memiliki sedikit orang yang melanjutkan pendidikannya ke kampus. dan beberapa waktu kemuadian ayah saya pergi ke bandung buat kuliah juga, akhirnya dari situlah saya menemukan keinginan saya suatu saat nanti saua menginginkan untuk kuliah.

Namun menurut hemat saya, universitas dan beberapa sistem pendidikan mempunyai tujuan bukan untuk memberikan ijazah ataupun jaminan pekerjaan untuk setiap orang. sistem pendidikan dibentuk untuk membentuk karakter dan kepribadian manusia menjadi lebih baik,berbeda dengan pandangan beberapa kalangan yang menganggap sistem pendidikan itu akan memberikan jaminan pekerjaan ataupun memberikan ijazah untuk nantinya mencari pekerjaan. Hal ini saya sadari setelah saya menonton sebuah film kocak, yang berjudul Three Idiot. dari situ saya menjadi sadar. Sistem pendidikan itu dibuat untuk membangun peradaban dan kepribadian manusia, bukan untuk mencari pekerjaan. Dengan semakin tingginya peradaban dan kepribadian manusia maka manusia itu akan menjadi lebih bermanfaat untuk orang lain, Sederhananya seperti itu.

Buat apa kuliah tinggi-tinggi dengan skala prestasi kognitif $,))jika dia tidak memberikan manfaat bagi manusia yang lain?atau bagi bumi ini??apa jadinya jika di bumi ini Alloh memberikan otak manusia yang pintar semua,selfish semua??ini mungkin menjadi renungan saya pribadi, ketika di semester terakhir ini saya mencoba mengejar sisa-sisa kuliah saya, itu juga berarti saya  mempunyai komitmen kepada masyarakat untuk mengembangkan ilmu agar memberikan kemanfaatan kepada orang lain.

3 responses to “Kemanfaatan

  1. “istem pendidikan itu dibuat untuk membangun peradaban dan kepribadian manusia, bukan untuk mencari pekerjaan.”

    Saya setuju dengan pendapat Anda. Dengan sistem pendidikan di harapkan peradaban manusia akan terus maju..

Comments are closed.