Dompet Tipis semakin manis


Sembari melamun dalam awang-awang, playlist memutar lagu theme song Pearl Harbournya Faith hill rasanya akhir pekan kali ini akan berakhir seperti biasanya, pamer paha, padat merayap tanpa harapan. But as far as Mr Churchill bilang “ If youre going through hell, Keep Going.” Terdengar fak si.

Kurang dari 24 jam yang lalu oe berangkat ke kantor tanpa dompet, tanpa uang, makelum kantor Cuma 1,5 km dari kost2an and alhasil keliatan tipis deh pantat oe. Sesampai di kantor oe pikir enak juga ya pantat nggak ada ganjel bantetnya. Bisa terasa lebih lega, disamping itu dompet yang belinya di mall and harganya mahal-pun bisa awet, dijamin 2 tahun nggak beli kagak apa-apa asal nggak kena copet. Manfaatnya selain yang oe utarakan tadi masih banyak sob, misalnya lebih memberikan posisi wenak saat kita duduk dan human factor and ergonomics positition yang lebih sempurna, tulang punggung akan semakin rileks.

Alhasil dari manfaat-manfaat itu oe mutusin buat ambil dompet di kost (lupakan kerjaan dulu,hehehe). Setelah ambil dompet beberapa point yang dilakukan antara lain:

  1. Buang uang receh (sedekahkan kpd yang berhak). Uang receh ini akan bikin dompet semakin mbedunduk dan tak berbentuk.
  2. Ambil smartphone dan cari aplikasi daily expense manager and card management buat smartphone. Aplikasi ini banyak tersedia di Google Play and iTunes, kl kagak ada bikin dulu dah.
  3. Buang nota bon,atm report, dan segala kertas bukti pembayaran, kumpulkan jadi satu.
  4. Keluarkan semua kartu nama kolega dan teman.
  5. Keluarkan kartu anggota perkumpulan (FPI/ FBR/ Golk*r/CXZ/ PHH/ NZRF) dan kumpulkan jadi atu.

Pada dasarnya semua pengeluaran harus kita record, untuk tau pengeluaran kita perbulan berapa. Kumpulkan bon dan bukti pembayaran dan record di Expense manager (I am absolutely Android user). Aplikasi ini terbilang dapat membuat semua pengeluaran terecord dengan baik, dan untuk reportnya bisa collect per hari, bulan, tahun. Smarthabbit ini akan membuat kita terkontrol serta terhindar dari over budget.

And finally sampailah kita pada tips terakhir, ambil kartu nama dari kawan dan kolega yang mau memenuhi dompet kita sebelumnya. Jalankan aplikasi card management. Banyak business card management yang ada untuk smartphone, baik Android, iPhone, Windows Phone. Mulai dari evernote sampai camcard. Kali ini oe pakai camcard versi beta. Kl blm punya account bisa sign up dulu, soalnya aplikasi ini menyediakan layanan synchronizing antara data di smartphone dengan database/ account di server si camcard. Setelah bikin accountnya,take a photo deh setiap kartu nama sama personal identity kita. Hebatnya lagi si aplikasi ini bisa melakukan trimming picture dan detail tulisan bisa otomatis kebaca dan ngisi otomatis di setiap field2 yang disediakan. Image processing atau metode pengenalan polanya yang jago kali ya? Atau oe udah ketinggalan jaman? Aplikasi kaya gitu aja amazingnya minta ampun? Hehehe.. tapi overall nih aplikasi recommended banget buat yang pengen membuat dompet lebih awet..Dan juga bikin duniamu ramah lingkungan, secara paperless, mengurangi penggunaan kertas. Mungkin suatu saat nanti, ntah kapan gw pngn ngrasain ambil ATM, absen kantor pakai technology NFC.hehehe

Akhirnyaaaaahhhhhh…dompet kesayangan tinggal uang 60rb rupiah,1 kartu ATM, 1 tiket KRL, 1 kartu asuransi, dan 1 KTP. Semoga dompet kesayangan ini semakin awet, dan manis, rejekinya semakin barokah dan laris, dan yang pasti ramah lingkungan. Paperless.

Eh playlist muter lagunya Andi Rianto yang Tanah airku, mau berbuat untuk negara ini dulu. Burung camar hinggap di atas china town,Sampai bertemu di postingan selanjutnya ya Ton.😀

Screenshot_2013-10-19-01-35-41