Green Market Green Lifestyle


Jadi ceritanya gini, kemaren sewaktu malam takbiran, saya kembali terpikir untuk bikin usaha kecil-kecilan. Masih berkutat di dunia fashion sederhana, anggap aja ini usaha start up gitu ya, akhirnya saya browsing-browsing di internet. Mulai dari Wallmart bussiness sampai GE Electric. 

Dan maaf sekali lagi untuk para pembaca blog saya yang budiman, mari kita mulai dengan bacaan yang menanjak sedikit demi sedikit. GE electric sebagai perusahaan energi dan Wallmart sebagai perusahaan ritel terbesar di planet ini rasanya juga mulai menggeser rule model bisnis mereka ke arah penyelamatan bumi, kenapa? karena saat ini perubahan iklim global menjadi issue yang sangat serius disemua kalangan. Bayangkan jika 10 tahun kedepan tidak ada migas sama sekali, padahal itu sumber energi yang saat ini populer di Indonesia dan Dunia (mostly). Bayangkan jika permukaan air laut meninggi hingga 10 meter, pasti banyak kota-kota di bumi ini yang mulai tenggelam. Semua itu bisa terjadi, sooner or later. Kalau bukan generasi sekarang ini yang menyelamatkan dan memberi kesempatan generasi yg akan datang untuk berbuat lebih banyak lagi, lantas siapa. Itulah yang menjadi latar belakang dari beberapa perusahaan internasional untuk ambil peran dalam mengembed green lifestyle ke dalam bisnis mereka. Green lifestyle diembed oleh Wallmart dengan membuat design product yang lebih hemat ruang penyimpanan sehingga menghemat biaya transportasi dan tentunya lebih efisien bahan bakar, GE membuat product yang lebih hemat dan disisi electronics, mungkin 5-10 tahun kedepan iklan banner plastic ataupun kain akan mulai tergantikan dengan kaca electronis yang transparan, hemat, dan interaktif. Tinggal colok listrik, download iklan, setting, done. Tapi mungkin masih terbatas di kawasan-kawasan tertentu kali ya, karena harganya yang masih kurang terjangkau, namun kalau Cina sudah berbicara, itu perkara lain. Semua pasti akan menjadi murah. Hehehehe..

Bisnis green lifestyle ini juga di embed bahkan menjadi core bussiness untuk sport fashion Under Armour, mereka membuat product fashion dari daur ulang limbah plastic mineral water. Konsumen rasanya tidak masalah dengan produk daur ulang selama product yang mereka produski memiliki kualitas yang bagus. Awal tahun 2014 saya sempat menonton iklan CSR dari sebuah perusahaan energi di korea tentang how to park the car cleverly. Inti dari iklan itu adalah bagaimana kita bisa melakukan parkir tanpa harus mondar mandir kesana kemari hanya untuk cari tempat parkir. Cukup untuk lihat sign and then park, and go then. Green lifestyle sederhana seperti ini yang harus kita embed juga dalam lifestyle kehidupan kita. Baik dalam bisnis maupun lifestyle.